10 Fakta Unik tentang Bung Hatta

Bung Hatta. Sosoknya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia begitu melekat di ingatan banyak orang. Ia begitu berwibawa.

Fakta Menarik Bung Hatta
Bung Hatta. (sumber: mojok.co)
Kesederhanaannya menginspirasi banyak anak muda. Ada beberapa fakta unik tentang sosok Bung Hatta yang jarang tersorot mata sejara.


  1. Bung Hatta Menikah dengan Rahmi pada 18 November 1945. Ketika Rahmi akan melahirkan anak pertama mereka, Bung Hatta membawakan sandwich yang dibuatnya sendiri. Selain itu, Bung Hatta selalu memperhatikan arah sinar matahari saat mengendarai mobil bersama istrinya. Jika sinar matahari berada di sebelah kanan, Bung Hatta akan duduk di kanan.
  2. Gaji Bung Hatta sebagai wakil presiden selalu habis untuk membeli buku. Ia pernah meminta asistennya mengembalikan dana taktis wakil presiden sebesar Rp25.000.000,00 yang sebenarnya merupakan haknya.
  3. Bung Hatta menolak semua tawaran untuk menjabat komisaris perusahaan nasional dan internasional. Ia juga pernah menolak jabatan yang ditawarkan Bank Dunia.
  4. Bung Hatta bukan orang kaya. Ia menyimpan guntingan iklan sepatu Bally di dompet dan berharap bisa membelinya suatu hari. Namun, sampai meninggal, Bung Hatta belum bisa membelinya.
  5. Bung Hatta pernah berjanji tidak akan menika selama Indonesia belum merdeka.
  6. Maskawin yang diberikan saat menikah adalah buku karyanya yang berjudul Alam Pikiran Yunani.
  7. Penyejuk udara pertama yang dimiliki Bung Hatta dipasang di perpustakaan pribadinya.
  8. Bung Hatta tidak suak cara membaca dengan melipat sampul depan hingga bertemu sampul belakang.
  9. UGM memberi Bung Hatta gelar Doktor Honoris Causa pada 27 November 1956. UI menganugerahi gelar yang sama di bidang hukum pada 1975. Universitas Padjajaran memberikan jabatan guru besar luar biasa di bidang politik kepada Bung Hatta.
  10. Bung Hatta menolak untuk menginjakkan kaki di Singapura karena negara tersebut menjatuhkan hukuman gantung kepada dua marinir Indonesia. Ia menganggap hukuman gantung merupakan penghinaan terhadap negaranya.


Itu tadilah beberapa fakta yang bisa diungkapkan dari sosok Bung Hatta. Apa kalian ada tambahan fakta lainnya? silahkan berbagi di kolom komentar di bawah ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Fakta Unik tentang Bung Hatta"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel